Jumat, 22 April 2016

AdSense

* Pengertian AdSense

 


   AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem Pay Per Click (PPC) atau bayar per klik.
   Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

* Istilah-Istilah Dalam Adsense
  1.    Publisher atau penayang iklan adalah orang atau pemilik situs web yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka. Publisher yang menayangkan iklan google disebut publisher google adsense. Sebelumnya publisher google adsense harus mendaftar dulu ke Google Adsense dan baru bisa menayangkan iklan google di situs web mereka setelah aplikasi disetujui. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan memiliki satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua situs mereka yang memenuhi persyaratan program google adsense.
  2.   Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.
  3.   Link Units Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada praktiknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.
  4.   AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.
  5.   Alternate Ads, pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya. 
  6.   Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisis performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.
  7.   Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.
  8.   Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.
  9.   CTR (Clickthrough Rate) adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).
  10.   CPC (Cost Per Click) adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan. 
  11.   ECPM (Effective CPM) atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).
 * Fungsi Dari Google AdSense
  • Sebagai penghasilan pasif yang berpeluang menjadi penghasilan sampingan bahkan penghasilan utama kita.
  • Menyalurkan hobi bagi yang gemar blogging sekaligus berpenghasilan secara online.
  • Menjadi bukti bahwa bisnis online itu nyata. Buktinya banyak pebisnis online yang mampu menghasilkan puluhan ribu dolar per bulan hanya dari Google Adsense. 
 * Kategori Program Google AdSense
  1. AdSense for Content 

    Akan memberikan ruang untuk iklan-iklan Advertiser yang akan ditampilakan pada blog/situs. Apabila anda mengizinkan GA tampil pada sidebar Blog, maka akan ada Widget baru yang akan tersimpan pada blog anda yaitu pada area Sidebar.

  2. AdSense for Search

    Fitur ini akan melibatkan Search Engine Google untuk menampilkan Adword yang muncul. Jadi singaktnya kita akan menempatkan Search Engine pada blog anda yang akan memudahkan pengunjung mencari sesuatu kotak pencarian GA tersebut.
  3. AdSense for Feeds

  4.  AdSense for Domain 

    Kelebihan AdSense yaitu:

    1. Mudah untuk bergabung.
    2. Mudah untuk menerapkan kode iklan.
    3. Gratis.
    4. Adsense secara otomatis menampilkan iklan yang paling relevan (juga yang paling bernilai tinggi) dengan topik blog kita.
    5. Kita tidak perlu repot-repot memilih iklan yang berbeda untuk setiap halaman. Sekali Anda memasang kode, sisanya Adsense yang bekerja.
    6. Kita bisa fokus untuk menulis artikel linkang bagus.
    7. Cocok dan mudah untuk pemula.
    8. Adsense menyediakan pelaporan lengkap dan sangat mudah dipahami. 
    9. Boleh disandingkan dengan program afiliasi jika mau.
    10.  Dapat menyaring atau memblokir iklan yang tidak diinginkan untuk tampil di blog kita.
    11.  Sampai saat ini, Adsense tetap nomor satu dalam potensi nilai pendapatan dibandingkan program ads network lainnya.
    12. Tidak perlu mendaftar lagi jika memiliki situs / blog lebih dari satu.
    13. Untuk mendapatkan uang, tidak perlu terjadi penjualan. Yang dibutuhkan hanyalah klik pada iklan yang tampil di blog kita.

     Kekurangan AdSense yaitu:  
            1.    Pelaporan AdSense tidak cukup lengkap.
            2.    Tidak bisa mengetahui iklan mana yang paling rendah nilainya.
            3.    Tidak boleh menyebar informasi pribadi.   
            4.    Kita tidak tahu berapa pengahasilan kita yang sebenarnya.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar