Kamis, 07 April 2016

Iklan Online


1. Konsep Iklan Online

          Iklan Online adalah metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layananya, misalkan WWW (World Wide Web) dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran atau promosi agar pelanggan tetarik da membeli produk yang ditawarkan.
Menurut Wikipedia, iklan banner yang dijual kepada firma hukum pada tahun 1993 oleh Global Network Navigator adalah yang pertama diklik. Baik iklan online dan offline/ tradisional memiliki tujuan yang serupa yaitu:
a. Menginformasikan konsumen tentang merek-merek baru 
b. Membangun kesadaran merek, membuat konsumen sadar akan sebuah merek/ produk, merupakan 
    tujuan jangka panjang yang penting bagi setiap pemasar. 
c. Menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen.
d. Mempersuasi (membujuk) konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang dijalankan. 
e. Membangun loyalitas konsumen.
     
Adapun alasan mengapa iklan online dipilih sebagai media promosi karena memiliki beberapa keuntungan diantaranya yaitu:
a. Tidak ada tanggal kadaluarsa.
b. Lead time.
c. Kualitas paparan.
d. Kebebasan.
e. Jangkauan.
f. Biaya.

Berikut kendala mengapa iklan online tidak berhasil, diantaranya yaitu:
a. Pop up blocker
   Digunakan apabila banyak iklan yang tampil dan sangat mengganggu, dengan cara mengatur pada      browser/ menginstal sebuah aplikasi untuk menghalau iklan banner pop up tersebut.
b. Ad blocker
    Saat ini browser dapat memblokir pop up, bahkan pada browser Mozilla Firefox terdapat ekstensi       yang dapat memblokir iklan online seperti AdBlock Plus, begitu pula pada Google Chrome hal ini       dapat mengakibatkan iklan yang ingin ditayangkan terblokir.
c. Kecepatan koneksi
     Bandwidth juga dapat menjadi masalah besar bagi iklan online, meskipun hal ini berangsur-angsur      dapat di tanggulangi dengan hadirnya teknologi pengiriman data yang cepat.
d. Layar
    Ukuran layar beragam, karena ukuran layar yang beragam menyebabkan pemasar harus membuat      desain yang lebih dinamis atau membuat beberapa versi iklan agar dapat di buka di semua                    perangkat.

Ada beberapa faktor yang harus di penuhi dalam membuat iklan online yaitu:
a. Menarik perhatian.
b. Menyampaikan pesan.
c. Memikat tindakan.



2. Jenis-Jenis Iklan Online

a. Iklan teks, contohnya:
    1. Iklan link
    2. Iklan kontekstual
    3. Iklan hasil pencarian
    4. Iklan direktori online
    5. Iklan daftar lokal
    6. Iklan konten
b. Iklan display, contohnya:
    1. Interstitial banners
    2. Pop up dan Pop under
    3. Floating advert
    4. Wallpaper advertising
    5. Map advertising
    6. Iklan banner
    7. Video online advertising banner
    8. Iklan media sosial
c. Iklan rich media (Multimedia), contohnya:
    1. Peel back
    2. Floating
    3. Expanding
    4. Interstitial
    5.Video
    6. Pop up atau Pop under



Tidak ada komentar:

Posting Komentar